Program Tahunan Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka

Program Tahunan Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka
Program Tahunan Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka - Program Tahunan merupakan sebuah rancangan atau gambaran yang dibuat secara sistematis guna mempersiapkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang efektif dalam lingkungan kelas. Program Tahunan atau biasa disingkat dengan Prota tergolong program yang wajib dikembangkan dan dipersiapkan seorang guru sebelum mengadakan pembelajaran. 

Tujuan Program Tahunan Kurikulum Merdeka

Apabila Pendidikan Indonesia tidak memiliki Program Tahunan, maka seorang guru akan kesulitan dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang terarah. Maka dari itu program tahunan sangat dibutuhkan, berikut tujuan dibentuknya program tahunan:

Menciptakan kegiatan belajar mengajar yang tersusun dan terarah agar Pendidikan dapat berjalan dengan maximal

Guna menyusun berbagai kegiatan yang akan dilakukan dalam setiap harinya (Program harian), setiap minggu (Program mingguan) hingga setiap semester (Program Semester). 

Sebagai bentuk gambaran rencana kegiatan yang akan dilakukan selama dua semester pembelajaran

Dengan adanya program tahunan, waktu pembelajaran bisa lebih optimal sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan kaidah Pendidikan dengan begitu peserta didik tidak mudah bosan dan ilmu yang disampaikan tenaga pendidik dapat diterima dan dipahami dengan baik. 

Langkah – langkah Penyusunan Program Tahunan  Kurikulum Merdeka

Penyusunan program tahunan tidak dilakukan semena-mena, melainkan harus memperhatikan beberapa unsur yang menjadi faktor pendukung Pendidikan. Seorang guru harus menyusun program tahunan dengan baik, agar pembagian waktu guna pembelajaran dapat tersusun secara sitematis. Secara umum program tahunan dimanfaatkan guna menetapkan jumlah waktu efektif kompetensi dasar. Langkah pembuatan Prota sebagai berikut:

  • Mengamati dan menganalisis kalender Pendidikan, guna mengetahui berbagai kegiatan acara yang kemungkinan terjadi dalam dua semester Pendidikan
  • Jangan lupa untuk memberi tanda bagi hari libur PHBI maupun PHBN
  • Mengatur waktu kegiatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan setiap mata pelajaran, pengaturan waktu pembelajaran ini dapat dilihat dari segi kesulitan materi, pentingnya materi, serta sub bab yang ditawarkan setiap pelajaran. 

Berikut saya bagikan link download tentang Program Tahunan Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka untuk bapak dan ibu semuanya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh 👉 disini

Demikian postingan saya kali ini tentang Program Tahunan Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka. Jika sahabat edukasi menginginkan update terbaru dari blog ini silahkan like Fanspage  Perangkat Pembelajaran K13.

Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan share atau bagikan ke rekan guru atau komunitas lain yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tersedia di bawah informasi ini.


Semoga informasi di atas dapat membantu dan berguna, terimakasih.

Berikut ini adalah beberapa link Program Tahunan Dan Program Semester Kurikulum Merdeka yang bisa sahabat edukasi telusuri sesuai kebutuhan:

  1. Program Tahunan Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  2. Program Semester Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  3. Program Tahunan Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  4. Program Semester Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)

0 Response to "Program Tahunan Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel