Program Semester Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka

Program Semester Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka
Program Semester Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka - Program semester merupakan program yang ditujukan untuk mahasiswa yang akan menerima semester dari satu semester ke semester lainnya. Pengertian semester itu sendiri yaitu satuan waktu yang digunakan untuk menyelenggarakan program pendidikan selama 6 bulan.

Program semester ini juga merupakan kombinasi tugas administratif yang perlu ditangani untuk semua tugas administratif. Tujuan pembuatan program semester yaitu sesuai gambaran bagaimana kegiatan belajar dilaksanakan selama satu semester.

Beberapa kegiatan pembelajaran yang berbeda dari satu semester tahun ini yaitu tatap muka, kerja lapangan, praktikum, ujian tengah semester serta kegiatan lainnya untuk mencapai tujuan pendidikan yang sukses.

Isi dari program semester yaitu hal-hal yang akan diselenggarakan atau yang ingin dicapai selama pembelajaran satu semester.  Perbedaan prota dan program semestes yaitu jika program tahunan dibuat untuk mengetahui berpa banyak jam dalam mencapai kompetensi dasar, sedangkan program semester untuk mengetahui minggu keberapa kompetensi dasar tersebut dapat dilakukan.

Fungsi Program Semester 

Program semester dibuat secara terperinci dan berurutan sesuai tahap dari beberapa hal yang akan dilakukan oleh guru selama kegiatan mengajar. Berikut ini fungsi perencanaan program semester di antaranya adalah :

  • Guru dapat memiliki gambaran kegiatan belajar yang dilakukan selama satu semester
  • Dapat memudahkan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran selama satu semester dengan benar sesuai perencanaan
  • Program semester dapat mengarahkan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah diprogram
  • Program semester untuk dijadikan panduan guru untuk mengajar dan membawa suasana KBM lebih baik
  • Program semester dijadikan sebagai pola dasar untuk mengatur tugas dan wewenang setiap orang yang terlibat dalam pembelajaran
  • Sebagai bahan dalam menyusun data dan mencapai keseimbangan pembelajaran
  • Sebagai tolak ukur ke efektifan dalam proses pembelajaran
  • Membantu guru untuk menghemat tenaga, waktu, biaya dan alat penunjang pembelajaran karena semuanya telah disusun dengan rapi.

Berikut saya bagikan link download tentang Program Semester Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka untuk bapak dan ibu semuanya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh 👉 disini

Demikian postingan saya kali ini tentang Program Semester Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka. Jika sahabat edukasi menginginkan update terbaru dari blog ini silahkan like Fanspage  Perangkat Pembelajaran K13.

Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan share atau bagikan ke rekan guru atau komunitas lain yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tersedia di bawah informasi ini.


Semoga informasi di atas dapat membantu dan berguna, terimakasih.

Berikut ini adalah beberapa link Program Tahunan Dan Program Semester Kurikulum Merdeka yang bisa sahabat edukasi telusuri sesuai kebutuhan:

  1. Program Tahunan Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  2. Program Semester Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  3. Program Tahunan Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  4. Program Semester Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)

0 Response to "Program Semester Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel