Program Kerja Ujian Sekolah Tahun 2022

Program Kerja Ujian Sekolah Tahun 2022
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh Program Kerja Ujian Sekolah Tahun 2022. Untuk sahabat edukasi yang membutuhkan Program Kerja Ujian Sekolah Tahun 2022 berikut adalah referensi atau contohnya.

KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdullillah, kami panjatkan kepada Allah SWT, Rob maha pencipta alam semesta.  Berkat rahmat dan karunia-Nya, program kerja panitia Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun ajaran 2021/2022 ini, dapat kami selesaikan dalam waktu sesuai program.
Buku program kerja ini disusun sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional secara efektif dan efisien.
Kami bersyukur dengan berpedoman pada buku program kerja yang telah tersusun ini, di tambah dengan kerja sama yang baik, berdasarkan kepada hal tersebut di atas, maka kami telah berusaha mengumpulkan dan membukukan segala macam administrasi yang sekiranya akan menambah kesempurnaan cara kerja kami.
Isi program kerja ini berupa mengenai kegiatan pelaksanaan Ujian Sekolah bagi siswa kelas VI di UPTD SD Negeri Griya Edukasi, dan dilengkapi dengan beberapa contoh format yang diperlukan sebagai kelengkapan administrasi penyelenggaraan Ujian.
Sehubung dengan hal itu, kami panitia sangat mengharapkan kepada semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan Ujian Sekolah ini, agar setiap pelaksanaan tugasnya supaya selalu mengacu pada buku program ini.
Kami menyadari bahwa penyusunan buku ini masih terdapat kekurangan, maka kami sangat mengharapkan adanya kritikan dan masukan dari berbagai pihak demi perbaikan kami dalam penyusunan program dimasa mendatang.
Demikian, buku program kerja ini kami susun dengan harapan dapat memberikan manfaat sesuai dengan fungsinya.


Kandanghaur,  Mei 2022
Kepala Sekolah,




GRIYA EDUKASI, S.Pd. SD.
NIP. 12345678910111213141
 
BAB I
PENDAHULUAN

Sekolah merupakan bagian dari lembaga pendidikan yang secara teknis diatur oleh departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dalam hal ini sekolah berperan penting sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran yang secara keseluruhan melibatkan para guru – guru dan siswa – siswanya.
Pada setiap kegiatan akhir belajar mengajar, harus diadakan evaluasi untuk mengukur singkat keberhasilan siswa, melalui ulangan harian, ulangan umum, juga melalui ujian akhir masa belajar sekolah, sedangkan evaluasi yang bahan naskah soalnya ditentukan oleh Departemen Pendidikan di sebut Ujian Sekolah. Begitupun UPTD SD Negeri Griya Edukasi pada akhir tahun pelajaran 2021/2022 bagi siswa dan siswi kelas VI ini, juga dilakukan Ujian Akhir yang disebut Ujian Sekolah Berstandar Nasional sebagai persyaratan untuk memasuki ke jenjang pendidikan berikutnya.

A. LATAR BELAKANG 
Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memiliki tiga tingkat, merupakan yang menjelaskan Bahwa sebuah proses pendidikan harus terdapat kegiatan belajar mengajar dan pelaksanaan penilaian. Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam mengambil keputusan.

B. PENGERTIAN DAN DASAR
Ujian Sekolah Berstandar Nasional tahun Ajaran 2021/2022 adalah kegiatan akhir evaluasi hasil belajar selama siswa belajar  di sekolah dilaksanakan secara nasional. Program kerja ujian akhir sekolah tahun pelajaran 2021/2022 merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia, para guru, dan karyawan sekolah secara bersama – sama untuk mencapai tujuan kepanitiaan yang telah di tentukan sebagai landasan atau dasar penyusunan program kerja ini, antara lain :
  1. UUD No.20  Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional;
  2. Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan;
  3. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia No. 3 tahun 2013 tanggal 16 januari 2015 tentang kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dan penyelenggaraan Ujian sekolah dan Ujian Nasional.
  4. Petunjuk Teknis Pelaksana Ujian Sekolah / Madrasah pada SD / MI dan Penyelenggara Program Paket A / ULA Tahun Pelajaran 2016 / 2017 Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu No. 421.1 / Pemb.SD / 2017.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan.
  6. Badan Standar Nasional Pendidikan tahun 2018 : Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( POS USBN ).

C. TUJUAN
Program kerja panitia Ujian Sekolah Berstandar Nasional tahun pelajaran 2020/2021 ini disusun untuk mencapai tujuan sebagai berikut :
  1. Agar pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional dapat dilaksanakan secara terarah dan efektif sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
  2. Untuk dijadikan sebagai pedoman bagi para pelaksanaan di dalam melaksanakan tugas masing – masing.
  3. Untuk dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan panitia di dalam pelaksanaan tugasnya.
  4. Memudahkan melaksanakan monitoring bagi yang berkepentingan,
  5. Sebagai bahan pertimbangan untuk kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional di tahun – tahun yang akan datang.

D. SASARAN
Berdasarkan hal – hal tersebut di atas, maka sasaran yang ingin dicapai adalah :
  1. Sasaran Umum
    Terlaksananya penyelengara Ujian Sekolah Berstandar Nasional tahun pelajaraan 2021/2022 di SD Negeri Griya Edukasi dengan aman, tertib, lancar dan tepat waktu penyelesainya.
  2. Sasaran Khusus
    a. Panitia USBN dapat melaksanakan sesuai program dari mulai tahap persiapan sampai tahap pelaporan.
    b. Peserta USBN dapat mengerjakan pekerjaan tugas praktek dan soal – soal ujian dengan baik, dan dapat meningkatkan sikap disiplin yang tinggi.
    c. Para penguji praktek, pengawasan silang dan lokal ruang pemeriksa LJU dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai ketentuan yang diharapkan.
    d. Dalam pelaporan dan pengolahan nilai hasil kerja panitia dapat diselesaikan dengan cermat dan tepat waktu ketentuan yang berlaku.

E. SISTEMATIK
Untuk memperoleh ganbaran isi yang esensial dalam buku program ini, sistematika penyusunannya adalah sebagai berikut :
Bab I : Pendahuluan
Bab II : Pengorganisasian
Bab III : Program Pelaksanaan
Bab IV : Pembiayaan
Bab V : Penutupan 

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh 👉 disini

Demikian postingan saya kali ini tentang Program Kerja Ujian Sekolah Tahun 2022. Jika sahabat edukasi menginginkan update terbaru dari blog ini silahkan like Fanspage Perangkat Pembelajaran K13.

Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan share atau bagikan ke rekan guru atau komunitas lain yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tersedia di bawah informasi ini.

Semoga informasi di atas dapat membantu dan berguna, terimakasih.

1 Response to "Program Kerja Ujian Sekolah Tahun 2022"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel