Format Isian Manual ARKAS 3.04 Excel

Kertas Kerja ARKAS 3.02 Format Excel

Format Isian Manual ARKAS 3.04  Excel  - Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Pendidikan menjadi hal penting dalam keberlangsungan hidup suatu negara. Bahkan negara yang maju maka generasinya juga memiliki pemikiran yang lebih maju. Karena hal ini Indonesia selalu memberikan hal terbaik untuk mencapai cita-cita bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa sebaik mungkin. 

Salah satu terobosan terbaru yang diambil oleh pemerintah adalah dengan menciptakan RKAS, sebuah aplikasi penunjang Pendidikan yang membuat segala sesuatu mudah. Berikut ini ada sedikit ulasan mengenai ARKAS dan RKAS yang memiliki peran penting dalam dunia Pendidikan!

Mengenal Apa Itu ARKAS?

ARKAS atau Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah adalah salah satu sistem terbaru yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Budaya. Dalam program bantuan operasional sekolah (BOS) pada tahun 2020 lalu membuat Kementrian Pendidikan membuat terobosan terbaru sebagai implementasi dari Merdeka Belajar. RKAS menjadi salah satu aplikasi terbaru untuk menyalurkan bantuan dana BOS. Demi bersifat transparan dan mempermudah jangkauan, RKAS diciptakan. 

Menurut aturan dari Permendikbud No.8 Tahun 2020 membahas masalah teknis bantuan operasional sekolah dilakukannya input terhadap ARKAS, sistem yang sudah disediakan oleh Mentri Pendidikan. Tentu, aplikasi ini menjadi tanggung jawab dan tugas baru bagi tim BOS. 

Tujuan dan Manfaat Adanya ARKAS 

Membahas Pendidikan memang selalu tak ada habisnya. Pasalnya, Pendidikan bukanlah suatu layanan yang sederhana melainkan memiliki tuntutan keberlangsungan beberapa jangka ke depan. Bahkan Pendidikan juga menjadi tiang negara dan cita-cita bangsa. Tentu, pembaharuan perangkat Pendidikan dilakukan demi terciptanya Pendidikan yang optimal dan bisa bermanfaat di masa depan.  Untuk terciptanya sekolah yang berkualitas, haruslah ada pengelolaan sekolah yang optimal. 

Adanya ARKAS menjadi salah satu penunjang yang efektif dalam penerimaan bantuan dana sehingga akuntabel dan transparan. Bahkan penyusunan RKAS atau Rencana Kerja Anggaran Sekolah pun sangat diperlukan sebagai bentuk kebijakan sekolah. Karena ARKAS dan RKAS akan memiliki keberlangsungan dalam Pendidikan. 

Harapannya dengan adanya ARKAS dan Rencana kerja Anggaran sekolah bisa memudahkan sekolah dalam mengevaluasi masalah pengembangan dan pembelajaran sekolah. Rencana kerja sekolah juga menjadi acuan dalam pengembangan mutu dan kualitas institusi Pendidikan. Selain itu, juga berperan menjadi salah satu rujukan identifikasi sumber daya Pendidikan yang dibutuhkan selama proses pengembangan mutu institusi.

Penyusunan rencana kegiatan Anggaran sekolah beserta dengan anggarannya memang akan memudahkan sekolah dalam mencari kebutuhan penting dalam proses pembelajaran dan juga dapat mengetahui secara rinci mengenai Tindakan apa yang harus dilakukan ketika menghadapi suatu permasalahan sehingga tujuan dan kewajiban suatu Lembaga Pendidikan bisa tercapai dengan baik.

Rencana kegiatan dan anggaran sekolah diadakan juga guna memberikan dukungan terhadap setiap acara sekolah. Supaya seluruh pihak sekolah tidak mengabaikan kondisi nyata, kepentingan, hingga kebutuhan dalam sarana-prasarana dari sekolah tersebut.

Langkah – Langkah Dalam Penyusunan RKAS 

Adapun beberapa Langkah dalam penyusunan RKAS. Sebelum itu, RKAS merupakan salah satu bagian dari RPS atau Rencana Pengembangan Sekolah dalam jangka Panjang. RPS ini juga merupakan salah satu bagian dari RKS, bedanya RKS disusun untuk menentukan rencana sekolah dalam jangka menengah sehingga tak seperti RPS yang jangka Panjang. Adanya ketiga komponen ini akan memberikan manfaat yang lebih baik terhadap keberlangsungan suatu Lembaga Pendidikan.

Sementara itu, untuk RKAS sendiri merupakan suatu penjabaran operasional dari RKS yang merupakan isi dalam suatu program yang ada dalam rencana kegiatan sekolah. RKAS diklaim menjadi salah satu bentuk program dengan detail dan berjangka satu tahun. Dibuat pada awal tahun pertama setiap tahunnya. Membahas RKAS, mengenai sumber dana akan disusun dalam RKAS dan prakteknya akan menggunakan alokasi historis dan ada penggalian dana.

Ketentuan Penting yang Diperhatikan dalam Penyusunan RKAS

Setelah membahas banyak hal seputar RKAS, RKS, dan RPS. Selanjutnya, ada beberapa tata cara untuk menyusun RKAS ini adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan strategi dan pendekatan analisis seperti analisis SWOT 
  2. Analisis SWOT akan dilakukan setiap tahunnya
  3. RKAS merupakan penjabaran tentang RKS dan masih menjadi bagian dari RPS
  4. Program yang diciptakan dalam RKAS harus lebih operasional dan rinci.
  5. Rencana dan program dalam RKAS harus memperhatikan analisis SWOT dalam per tahunannya.

Tahun 2022 sudah datang, artinya diawal tahun ini bendahara BOS, kepala sekolah dan operator sekolah sudah mulai disibukan dengan maping atau pemetaan untuk mengisi kertas kerja di Arkas 3.02, karena diawal tahun biasanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sudah mulai disalurkan ke seluruh instansi. Nah, untuk mengisi Kertas Kerja ARKAS 3.02 secara manual tentu diperlukan formatnya terlebih dahulu Untuk memudahkan pengerjaan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan format manual untuk mengisi Kertas Kerja ARKAS 3.02 dalam Format Excel. Dalam format ini terdapat 3 jenis RKAS yakni RKAS ukuran kecil yaitu untuk instansi yang jumlah siswanya sedikit, kemudian RKAS ukuran sedang yaitu untuk instansi yang jumlah siswanya cukup serta RKAS ukuran besar yaitu untuk instansi yang jumlah siswanya banyak. Di dalam kertas kerja Arkas 3.02 format excel ini juga sudah terdapat kode rekening dan kode program yang sudah sesuai dengan yang ada di aplikasi rencana kegiatan dan anggaran sekolah (ARKAS). Untuk lebih lengkapnya sahabat edukasi  bisa unduh:

Versi 1 disini

Versi 2 disini

Beberapa di atas merupakan pembahasan sederhana mengenai ARKAS atau aplikasi yang menjadi rencana kegiatan dan anggaran sekolah dan RKS (rencana kegiatan sekolah). Keduanya memang memiliki peran penting, salah satunya digunakan untuk mencapai tujuan yang telah diharapkan suatu institusi Pendidikan. Bahkan juga memberikan kemudahan dalam merencanakan program sehingga lebih teratur dan terencana. 

Demikian postingan saya kali ini tentang Format Isian Manual ARKAS 3.04  Excel. Jika sahabat edukasi menginginkan update terbaru dari blog ini silahkan like Fanspage Perangkat Pembelajaran K13.

Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan share atau bagikan ke rekan guru atau komunitas lain yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tersedia di bawah informasi ini.

Semoga informasi di atas dapat membantu dan berguna, terimakasih.

0 Response to "Format Isian Manual ARKAS 3.04 Excel "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel