Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup di SSCASN


Selamat bagi peserta SSCASN 2021 yang dinyatakan lulus sebagai PNS, PPPK dan PPPK Non Guru dan dapat melakukan pengisian Daftar Riwayat Hidup atau biasa disebut dengan DRH. Lantas bagaimana cara pengisian DRH tersebut? Pada postingan kali ini saya akan membagikan cara pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH) berdasarkan buku petunjuk BKN tahun 2021. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah pertama yang harus dilakukan sahabat edukasi adalah login ke akun SSCASN 2021 melalui tautan https://sscasn.bkn.go.id/daftar dan mengisikan username (NIK) dan password akun yang telah dibuat saat registrasi.

Setelah Sahabat Edukasi berhasil login, akan ditampilkan halaman yang berisi pengumuman lulus atau tidak lulus. Jika Peserta dinyatakan LULUS, maka akan muncul dropdown list untuk memilih apakah Peserta ingin melanjutkan ke pengisian DRH dan pemberkasan atau ingin mengundurkan diri.

Jika sahabat edukasi memilih “Tidak, Saya ingin mengundurkan diri”, maka akan muncul kolom unggah Surat Pengunduran diri dimana templatenya sudah disediakan dibawah tombol Unggah.

Jika sahabat edukasi memilih untuk mengundurkan diri dan telah klik Unggah Surat Pengunduran Diri, maka akan muncul kotak peringatan seperti dibawah ini. Jika Peserta telah yakin, maka silahkan klik Iya. Jika masih ragu dapat klik Tidak, dan masih dapat mengubah pilihan jawaban di dropdown list sebelumnya


Jika telah muncul pemberitahuan seperti dibawah ini, maka Peserta telah dinyatakan mengundurkan diri
dan tidak dapat melakukan perubahan kembali.
Jika Peserta memilih “Ya”, maka akan muncul tombol pengisian DRH.
Langkah  pertama  adalah  Pengisian  Data  Perorangan,  yang  berisikan  Biodata  Calon PNS. Kolom yang ditandai bintang merah adalah wajib diisi. Isikan biodata, alamat dan keterangan lainnya


Kolom hobby dapat diisi lebih dari 1 jenis, seperti contoh dibawah ini
Langkah  kedua  adalah  pengisian  Riwayat  Pendidikan.  Pada  kolom  ini,  peserta  dapat mengisikan Riwayat Pendidikan dan Riwayat Kursus. Pendidikan yang digunakan saat melamar formasi jabatan telah otomatis muncul tetapi dapat diubah untuk dilengkapi kolom-kolom yang masih kosong
Apabila ingin mengubah data Riwayat Pendidikan , Klik tombol  Ubah pada riwayat Pendidikan yang ingin dihapus, kemudian silahkan ubah data, setelah   itu, klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan data yang telah dilakukan.

Perlu diketahui bahwa Peserta tidak dapat menambahkan Pendidikan lain yang setingkat dengan Pendidikan yang digunakan untuk melamar, atau Pendidikan yang setingkat lebih tinggi. Misal Pendidikan yang digunakan untuk melamar adalah S-1 Sistem Informasi. Lalu Peserta ingin menambahkan Pendidikan S-2 nya. Penambahan akan gagal, karena S-2 adalah setingkat lebih  tinggi  dari  S-1.  Atau  jika  Peserta  memiliki  dua  degree  S-1  lalu  ingin  menambahkan Pendidikannya misal S-1 Manajemen. Akan gagal juga diinput karena tingkat pendidikannya setingkat dengan S-1 Sistem Informasi yang digunakan untuk melamar.

Tambahkan pula Pendidikan Peserta sejak sekolah dasar, menengah dan atas dengan mengklik tombol Tambah Pendidikan

Berikut ini adalah ketentuan pengisian data riwayat pendidikan dan kursus/pelatihan, yaitu:

  • Isilah riwayat pendidikan dengan riwayat pendidikan formal (mulai dari SD) Anda
  • Untuk tingkat pendidikan SD, SMP, SMA masukkan jurusan "Sekolah Dasar / SLTP / SMP / SLTA / SMA / dsb" sesuai nomenklatur jenis sekolah di ijazah
  • Untuk tingkat pendidikan SMK, masukkan nama jurusan SMK
  • Untuk tingkat pendidikan Peguruan Tinggi, masukkan nama prodi / jurusan yang sesuai dengan Ijazah
  • Sahabat Edukasi juga dapat menambahkan/mengubah data riwayat pendidikan dan kursus sebelum mengakhiri proses pengisian Daftar Riwayat Hidup
  • Jika sudah selesai mengisi data riwayat pendidikan dan kursus klik tombol "Selanjutnya"
  • Gelar Depan dan Gelar Belakang adalah gelar yang Anda dapat setelah menempuh pendidikan tersebut

Selanjutnya adalah pengisian Riwayat Kursus. Jika Peserta pernah mengikuti Kursus silahkan klik tombol Tambah Kursus.

Isikan data-data yang wajib yaitu yang di bintangi merah. Untuk pengisian data Tempat, silahkan diisi dengan nama kota atau negara tempat pelaksanaan kursus.

Jenis Kursus telah tersedia. Peserta hanya dapat mengisikan jenis kursus yang telah terdaftar

Langkah ketiga adalah pengisian Riwayat Pekerjaan. Di halaman ini Peserta diwajibkan mengisi Riwayat Pekerjaan (jika ada), Penghargaan (jika ada) dan Prestasi (jika ada)

Klik tombol Tambah Riwayat Pekerjaan untuk menambahkan seluruh Riwayat Pekerjaan yang dimiliki oleh Peserta (jika ada) sebelum lulus menjadi Calon Aparatur Sipil Negara.

Klik pada tombol  Tambah Riwayat Penghargaan untuk menambahkan Riwayat Penghargaan yang dimiliki oleh Peserta (jika ada) sebelum lulus dan menjadi Calon Aparatur Sipil Negara. Jenis  Penghargaan sudah disediakan pada kolom yang tersedia, Peserta tinggal memilih jenis penghargaan yang telah tersedia


Klik tombol Tambah  Riwayat  Prestasi untuk menambahkan Riwayat Prestasi yang dimiliki oleh Peserta (jika ada) sebelum lulus menjadi Calon Aparatur Sipil Negara.

Langkah keempat adalah pengisian Riwayat Keluarga. Di halaman ini Peserta diwajibkan untuk mengisi seluruh anggota keluarga diantaranya: Pasangan (Istri/Suami), Anak, Orangtua Kandung (Bapak dan Ibu), Saudara Kandung (Kakak dan Adik) dan Mertua (Bapak dan Ibu)

Klik tombol Tambah Riwayat Istri/Suami untuk menambahkan data Pasangan pada Riwayat Istri/Suami. Jika Suami/Istri Peserta adalah seorang PNS, maka silahkan ketik NIP Pasangan dan Nama nya lalu klik tombol Cari PNS. Maka sistem akan otomatis menampilkan data tersebut.

Jika Pasangan bukan PNS, maka silahkan isikan kolom-kolom yang diberi tanda bintang (wajib diisi) secara lengkap.

Klik tombol Tambah Riwayat Anak untuk menambahkan data Anak. Jika Anak Peserta adalah seorang PNS, maka silahkan ketik NIP Anak dan Nama nya lalu klik tombol Cari PNS. Maka sistem akan otomatis mengeluarkan data tersebut.

Jika Anak bukan PNS, maka silahkan isikan kolom-kolom yang diberi tanda bintang (wajib diisi) secara lengkap.

Form isian dibawah ini berlaku sama untuk inputan pada data Orangtua Kandung (Bapak dan Ibu), Saudara Kandung (Kakak dan Adik) dan Mertua (Bapak dan Ibu).

 

Langkah kelima adalah pengisian Organisasi. Di halaman ini Peserta diwajibkan mengisi Riwayat Organisasi (jika ada) dan mengisikan data lain-lain yang dibutuhkan dalam proses pemberkasan Calon Aparatur Sipil Negara sesuai dengan PETUNJUK PENGISIAN DATA KETERANGAN LAINNYA yang ada pada box berwarna kuning

Klik tombol Tambah Riwayat Organisasi untuk menambahkan Riwayat Organisasi yang pernah diikuti oleh Peserta (jika ada) sebelum lulus menjadi Calon aparatur Sipil Negara

Langkah keenam adalah Unggah Dokumen. Di halaman ini Peserta diwajibkan melakukan dua kali  klik cetak DRH yang telah diisi dengan klik tombol Cetak DRH Perorangan dan Cetak DRH Riwayat,  selanjutnya menulis data-data yang diharuskan  untuk  ditulis  tangan  di  DRH  yang  telah  dicetak  tersebut  dan menandatangani  DRH. Terakhir DRH yang telah ditandatangani wajib diunggah kembali ke SSCASN di  halaman  ini, dan  dihimbau untuk  membaca  dahulu  KETENTUAN UNGGAH DOKUMEN dibawah pada box berwarna kuning.

Berikut merupakan contoh cetakan DRH Perorangan. Yang ditandai *) adalah kolom yang harus ditulis tangan oleh Peserta setelah DRH dicetak. Diisi dengan huruf kapital (Balok) dan menggunakan tinta hitam.




DRH yang telah ditandatangani wajib diunggah dengan multipage atau hasil cetakan DRH Perorangan dan DRH Riwayat discan menjadi satu halaman lalu diunggah dikolom yang sama.

Peserta masih dapat melakukan perubahan pengisian data sebelum klik tombol “Akhiri Proses Pengisian DRH”. Tombol “Akhiri Proses Pengisian DRH” baru dapat di klik jika seluruh unggahan dokumen persyaratan telah lengkap diunggah.

Untuk Lebih lengkapnya sahabat edukasi bisa unduh Buku Petunjuk tentangCara Pengisian Daftar Riwayat Hidup di SSCASN 👉disini

Demikian postingan saya kali ini tentang Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup di SSCASN Berdasarkan Buku Petunjuk BKN Tahun 2021. Jika ingin mendapatkan update informasi terbaru dari dunia pendidikan khususnya pendidikan Sekolah Dasar, silahkan ikuti Fanspage Perangkat Pembelajaran K13 - SD. 

Semoga informasi ini berguna dan dapat membantu. Terimakasih😊


0 Response to "Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup di SSCASN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel