Kenapa Usia Anak Masuk Sekolah Dasar (SD) Harus 7 Tahun?


Dewasa ini banyak para orangtua yang ingin anaknya mempunyai tingkat kepintaran yang tinggi. Banyak cara dilakukan para orangtua agar anakya menjadi pintar salah satunya dengan memasukan anak ke Sekolah Dasar (SD) di bawa usia 7 tahun padahal di usia tersebut anak masih ingin yang namanya bermain  agar kelak nanti tidak ada kata-kata yang keluar dari temanya "Masa Kecil Kurang Bahagia". 

Berikut beberapa alasan mengapa anak masuk sekolah dasar (SD) harus 7 tahun:

ASPEK FISIK
Akan sangat disayangkan ketika anak usia di bawah 7 tahun sudah harus dimasukan ke sekolah dasar (SD) karena pada usia tersebut anak masih belum cukup kuat secara fisik. Pada usia 7 tahun anak dianggap  paling siap secara fisik. Gerakan motorik anak sudah lebih bagus, otot dan sarafnya sudah juga sudah terbentuk.

ASPEK PSIKOLOGIS
Dalam teori perkembangan, anak  mulai bisa berkonsentrasi dengan baik pada usia di atas 6 tahun

ASPEK KOGNITIF
Dalam aspek ini para ahli mengemukakan bahwa ada beberapa tahapan perkembangan kognitif anak. (1)  Tahap Sensorimotor (usia 0-2tahunpada tahanpan ini anak  sepenuhnya tergantung pada tindakan fisik dan indera dalam mengenali sesuatu. (2) Tahap Pra-Operasional (usia 2-7 tahun), pada tahapan ini kemampuan anak untuk berfikir tentang benda, kejadian atau orang lain mulai berkembang. Anak sudah muai mengenali simbol, kata-kata, angka, gerak tubuh, atau gambar.. (3) Tahap Konkret Operasional (usia 8-12 tahun), pada tahap ini anak sudah bisa mengaitkan beberapa aspek masalah pada saat bersamaan.  (4) Tahap Formal Operasional (usia 12 tahun - dewasa), pada tahap ini anak sudah bisa berfikir  abstrak dan sudah dapat berhipotesis. Anka dapat menganalisis apa yang akan lewat dan yang akan datang. Cara berpikir anak usia ini sudah tidak tergantung pada objek konkret disekitarnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahawa saat anak masuk sekolah dasar (SD), anak diharapkan mampu membaca, menulis dan berhitung secara sederhan.

ASPEK EMOSI
Umumnya anak yang terlalu dini masuk Sekolah Dasar (SD) memang cukup matang secara akademik, namun biasanya kematangan emosi dan kemandiriannya belum maksimal

0 Response to "Kenapa Usia Anak Masuk Sekolah Dasar (SD) Harus 7 Tahun?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel