Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD/MI

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD/MI

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD/MI -
Pada Tahun ajaran 2022-2023 Pemerintah kembali melakukan pergantian kurikulum, dimana tahun sebelumnya menggunakan Kurikulun 2013 dan sekarang menggunakan kurikulum Merdeka, namun seperti biasa pergantian kurikulum ini tidak sekaligus berganti, melainkan hanya dilakukan pada kelas 1 dan kelas 4. Berikut adalah Pengumuman resmi yang ada pada platform https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/  "Pada tahun ajaran baru 2022/2023 satuan pendidikan Anda akan mulai melakukan implementasi Kurikulum Merdeka. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kesiapan satuan pendidikan Anda dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Untuk membantu Anda melakukan refleksi kesiapan satuan pendidikan, Kemendikbudristek menyediakan instrumen refleksi yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk memilih apakah Anda tetap menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kategori jalur implementasi ketika pendaftaran, atau melakukan perubahan kategori jalur implementasi Kurikulum Merdeka. Instrumen refleksi hanya dapat diisi oleh kepala sekolah yang telah mendaftar implementasi Kurikulum Merdeka. Data hasil refleksi tidak digunakan untuk menilai kinerja satuan pendidikan, kepala satuan pendidikan, pengawas, maupun dinas pendidikan. Pengisian instrumen refleksi dan perubahan kategori jalur implementasi Kurikulum Merdeka dilaksanakan pada 29 Juni 2022 (pukul 08.00 WIB) dan ditutup pada 5 Juli 2022 (pukul 24.00 WIB)."

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran. (Sumber https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka)

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kuikulum, diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong  peserta  didik  dalam  mencapai  standar yang telah ditentukan. Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai  setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk  berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman  belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk  kegiatan-kegiatan lain  yang  relevan  dan  disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing. Berikut tentang Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD/MI.

  • Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  • Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku.
  • Kegiatan pembelajaran yang ada di buku Siswa merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam buku tersebut dan mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  • Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  • Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.
Bagi sahabat yang membutuhkannya berikut saya bagi link untuk mengunduh dalam bentik file pdf. Untk lebih lengkapnya silahkan unduh👉 disini

Demikian postingan saya kali ini tentang Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD/MI. Jika kalian menginginkan update terbaru dari blog ini silahkan like Fanspage Perangkat Pembelajaran K13.

Semoga informasi di atas dapat membantu dan berguna, terimakasih.

Berikut ini adalah beberapa link Buku Pendamping Siswa Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka yang bisa sahabat edukasi telusuri sesuai kebutuhan:

  1. Buku Siswa Matematika  Kelas 1 SD/MI - Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  2. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI - Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  3. Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas 1 SD/MI - Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  4. Buku Siswa PAI  Kelas 1 SD/MI - Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  5. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI - Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  6. Buku Siswa PAI Kelas 4 SD/MI - Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  7. Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas 4 SD/MI - Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  8. Buku Siswa IPAS Kelas 4 SD/MI - Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  9. Buku Siswa Matematika Vol. 1 Kelas 4 SD/MI - Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  10. Buku Siswa Matematika Vol. 2 Kelas 4 SD/MI - Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)
  11. Buku Siswa Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Budi Pekerti Kelas 4 SD/MI - Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)

0 Response to "Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD/MI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel