Cara Mendapatkan dan Aktivasi Akun Pembelajaran PTK (belajar.id)

Cara Mendapatkan dan Aktivasi Akun Pembelajaran PTK (belajar.id)
Apa itu Akun Pembelajaran?
Akun Pembelajaran merupakan nama akun (User ID) yang bertanda belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.
Akun Pembelajaran diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Fungsi akun pembelajaran adalah agar belajar menjadi lebih mudah. Dengan Akun Pembelajaran, sahabat edukasi bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh, seperti:
  • Panggilan Video
    Dengan aplikasi ini dapat melakukan kelas interaktif secara daring (online) dalam bentuk video dan suara (audio) yang dapat direkam oleh guru.
  • Aplikasi Merdeka Mengajar
    Mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat.
  • Penyimpanan Daring
    Mencadangkan file, menyimpan file, membagikan file dan mengerjakan file secara bersama-sama melalui perangkat android, tablet maupun komputer dari manapun secara online.
  • Kelas Daring
    Diskusi topik-topik dengan komunikasi secara dua arah, permudah pembagian dan pengumpulan tugas murid, lakukan penilaian dan arsip nilai, dan membuat jadwal kelas.
  • Chromebook
    Salah satu jenis komputer baru yang dirancang khusus untuk membantu anda menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat dan lebih mudah.
  • Presentasi daring
    Slide memberikan kemudahan untuk file presentasi yang bisa dibagikan dan dikerjakan bersama dan diakses oleh antar guru dan murid.
  • Formulir Daring
    Layanan berbasis situs web gratis untuk membuat kuis, soal ulangan dan kuisioner atau survei.
  • Dokumen Daring
    Kemudahan untuk mengerjakan file bersama (kolaborasi) dimanapun dan kapanpun secara online ataupun offline.
  • SIMPKB
    Aplikasi induk dalam manajemen pengembangan keprofesian dan keberlanjutan.
  • Pengolah Angka
    Kemudahan dalam berkolaborasi membuat tabel, perhitungan sederhana, atau pengolahan data.
  • TanyaBOS
    TanyaBOS merupakan forum tanya jawab sekaligus wadah berbagi pengalaman dan praktik dalam pengelolaan dana BOS, yang jawabannya sudah terverifikasi dan tervalidasi oleh Kemendikbudristek.
  • Rumah Belajar
    Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru
Berikut adalah cara untuk mendapatkan akun pembelajaran belajar.id:
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan sahabat edukasi adalah  kordinasi dengan Operator Sekolah dan silahkan mengakses ke https://sso.data.kemdikbud.go.id/  kemudian login menggunakan akun dapodik yang sudah terdaftar di https://sdm.data.kemdikbud.go.id/

  2. Setelah behasil masuk, silahkan klik tombol Unduh akun kemudian pilih PTK untuk mengunduh data yang berisi nama akun (user ID) dan kata sandi (password) seperti yang terlihat pada gambar

    Cara Mendapatkan Akun Pembelajaran PTK (belajar.id)
  3. Pastikan informasi akun hanya diberikan kepada guru yang bersangkutan dan setelah sahabat edukasi menerima detail akun pembelajaran, silahkan untuk melakukan akivasi akun pembelajaran tersebut dengan cara sebagai berikut
  • Sahabat edukasi silahkan mengakses ke halaman https://belajar.id/

  • kemudian silahkan isi Nama lengkap sesuai Dapodik, isi Nama lengkap ibu kandung, pilih Tipe Pengguna dengan Pendidik dan Tenaga Kependidikan kemudian yang terakhir silahkan isi Nomer NPSN sekolah masuing-masing dan Klik Periksa Akun Pembelajaran Kemudian akan muncul seperti pada gambar


  • Jika Status Akun Pembelajaran sahabat edukasi masih Belum Aktif maka segera aktivasi dengan cara klik Kirim detail akun ke email pribai saya atau bisa juga dengan klik Kirim SMS detail akun ke nomer saya dan akan ada pemberitahuan dari belajar.id tentang detail akun pembelajaran yang berisi username dan password
  • Langkah berikutnya setelah mendapatkan username dan password, sahabat edukasi bisa langsung akses gmail.com kemudian masukan username dan password yang didapatkan dari SMS atau Email tadi, kemudian ubah password yang kiranya mudah untuk diingat dan selesai. Sekarang sahabat edukasi bisa menikmati fitur-fitur aplikasi atau platform yang disediakan oleh Kemdikbudristek untuk menunjang pembelajaran agar lebih menarik.
Cara Menautkan Akun Belajar.id dengan SIM PKB
  • Langkah awal yang harus dilakukan sahabat edukasi adalah dengan login ke akun SIM PKB atau bisa akses ke halaman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/
  • Ketika sudah masuk ke akun SIM PKB langkah berikutnya adalah  klik Dashboard Akun dan selanjutnya adalah klik </> Integrasi Layanan dan Klik Tautan kemudian tautkan akun pembelajaran belajar.id yang sudah sahabat edukasi buat tadi dengan akun SIM PKB.
Demikian postingan saya kali ini tentang Cara Mendapatkan dan Aktivasi Akun Pembelajaran PTK (belajar.id). Jika sahabat edukasi menginginkan update terbaru dari blog ini silahkan like Fanspage Perangkat Pembelajaran K13.

Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan share atau bagikan ke rekan guru atau komunitas lain yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tersedia di bawah informasi ini.

Semoga informasi di atas dapat membantu dan berguna, terimakasih.





0 Response to "Cara Mendapatkan dan Aktivasi Akun Pembelajaran PTK (belajar.id)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel