Kumpulan Soal Pretest PPG dan UP PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Kumpulan Soal Pretest PPG dan UP PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Kumpulan Soal Pretest PPG dan UP PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 - PPG adalah Pendidikan Profesi Guru dari Pemerintah untuk mempersiapkan calon tenaga pengajar di dalam dunia Pendidikan agar sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional. Target untuk Program PPG sendiri adalah tenaga Pengajar yang sudah bekerja atau pun mahasiswa tingkat akhir dengan jurusan Pendidikan. Kemampuan dan kompetensi guru bertujuan untuk meningkatkan seiring dengan meningkatnya kualitas Pendidikan Nasional. Menjadi guru tidak hanya cukup selesai menempuh pendidikan tingkat sarjana atau master. Pengajar dapat memberikan nilai tambah ke anak didik setelah mengikuti program ini.

Di era pandemi yang mewajibkan untuk mendigitalisasi semua aspek kehidupan termasuk pendidikan, membuat pengajar-pengajar yang terbiasa dengan metode pengajaran tatap muka menjadi sadar digital. Yang akhirnya memunculkan sistem pendidikan 4.0. Sistem pendidikan ini mengharuskan peningkatan kualitas pengajar, revisi kurikulum serta pembelajaran teknologi dan informasi.

Tujuan Penyelenggaraan PPG

Program Pendidikan Profesi Guru bisa menjadi sarana peningkatan kualitas pengajar ini sendiri. Ketika telah menyelesaikan program ini, guru sudah memiliki kompetensi yang sesuai dengan standard dari Pemerintah.

PPG sendiri tidak tertutup hanya untuk mahasiswa tingkat akhir dengan jurusan pendidikan atau tenaga pengajar yang telah bekerja. Program ini juga terbuka bagi masyarakat umum atau mahasiswa non pendidikan yang memiliki minat dan bakat di bidang pendidikan. Pemerintah telah mempersiapkan Lembaga-lembaga yang terkait dalam usaha mendukung program ini. LPTK adalah Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan  yang telah memenuhi syarat dan dari Pemerintah sebagai penyelanggara program ini.

PPG sendiri memiliki beberapa pilihan:

  1. PPG dalam Jabatan
    Program ini untuk tenaga pengajar atau guru baik yang sudah menjadi Aparatur Sipil Negara atau pun guru honorer yang telah bekerja atau mengajar dalam masa tertentu.

  2. PPG Prajabatan
    Jenis PPG Prajabatan merupakan program Pemerintah untuk mahasiswa-mahasiswa pendidikan tingkat akhir maupun non pendidikan yang memiliki minat di bidang pendidikan. PPG Prajabatan sendiri terbagi menjadi dua pilihan lagi. PPG bersubsidi dan PPG Swadana. PPG bersubsidi merupakan PPG yang dalam pembiayaannya peserta mendapat bantuan oleh Pemerintah. PPG bersubsidi ini seperti program beasiswa yang diadakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pengajar. Yang kedua adalah PPG Swadana. PPG Swadana sendiri mewajibkan peserta program membiayai semua program, dengan biaya sendiri atau mandiri.

Keuntungan dan Manfaat Mengikuti PPG

Setelah mengikuti program PPG ini Pemerintah mengharapkan adanya peningkatan kualitas tenaga pengajar ini baik kemampuan pedagogik maupun kemampuan pengalaman lapangan pendidikan.

Setiap tahunnya Pemerintah akan membuka pendaftaran untuk Program PPG ini  melalui LPTK. Para peserta yang telah terseleksi dan memenuhi syarat dapat mengikuti program ini di LPTK terkait.

Dengan program ini, tenaga pengajar mendapatkan fasilitas dari pemerintah untuk peningkatan kualitas dari pengajar tersebut. Setelah mampu menyelesaikan program ini, pengajar mampu mengikuti dan mengimbangi perkembangan dunia pendidikan dan mencetak anak didik yang lebih aktif dan siap menghadapi era revolusi industry digital. Sertifikat menjadi suatu keabsahan peningkatan kualitas pengajar ini sendiri. PPG setidaknya memberikan jaminan peluang besar untuk tenaga pengajar diangkat menjadi ASN.

Selain itu, jika telah memiliki sertifikasi profesi, pengajar juga dapat meningkatkan karirnya dengan bekerja di sekolah atau pun instansi-instansi pendidikan Internasional. Sehingga membuka peluang bekerja tidak hanya di sekolah tertentu tetapi sudah dapat di taraf internasional.

Dengan program ini, tenaga-tenaga pengajar maupun calon tenaga pengajar menyadari akan kemampuan dan potensi. Dengan kesadaran untuk terus mengembangkan diri, tenaga pengajar akan mampu mengoptimalkan kualitas.

Seperti yang kita ketahu, bahwa Indonesia memiliki cakupan lingkungan pendidikan yang luas. Biasanya keluhan kesulitan untuk diangkat menjadi ASN, banyak terdengar di daerah-daerah kecil. Salah satu solusi yang ditawarkan Pemerintah untuk masalah ini adalah program PPG ini. 

Karena sebagai proyeksi ke depannya, program PPG ini diharapkan menjadi dapat mencakup seluruh wilayah Indonesia. Masalah-masalah seperti ketidak berpihakan pemerintah kepada tenaga honorer ataupun guru-guru di wilayah terpencil dapat teratasi. Setidaknya ketika telah memiliki sertifikat profesi, satu tahap untuk menjadi ASN telah dilewati. 

Rasa percaya diri dari guru-guru di daerah terpencil pun akan meningkat. Karena merasa memiliki kualitas dan kemampuan yang sama seperti guru-guru di daerah yang memiliki akses yang mudah.

Manfaat yang didapat bukan hanya untuk tenaga pengajar yang mengikuti program ini. Secara tidak langsung pihak sekolah dan instansi pendidikan terkait akan merasakan keuntungannya juga. Dengan memiliki tenaga pengajar yang kompeten dan berkualitas, standard pengajaran di sekolah akan mengalami peningkatan.

Karena seperti yang kita ketahui, dengan standard pengajar yang berkualitas, akan menarik minat dari orang tua untuk mempercayakan pendidikan dari anak-anaknya di sekolah tersebut. Jadi pihak sekolah pun harus ikut terlibat dalam keberhasilan soal pretest PPG ini.

Dengan manfaat yang telah kita ketahui, program ini merupakan usaha pemerintah untuk tetap meningkatkan mutu kualitas pendidikan di Indonesia dan mengatasi kesenjangan kesejahteraan tenaga pendidik di Indonesia.

Diharapkan dengan adanya program ini, semua lapisan masyarakat dapat memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas. Sedangkan untuk tenaga pengajar, manfaat yang akan diperoleh, tidak hanya peningkatan kualitas diri, tatapi juga kesempatan untuk berkarir di dunia pendidikan Internasional.

Peningkatan kualitas pendidikan akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk masyarakat. Karena dengan adanya tenaga pengajar yang kompeten diharapkan dapat mampu melihat kualitas, minat dan bakat yang dimiliki oleh anak didik sehingga dapat dikembangkan secara maksimal. Jadi bisa dikatakan bahwa program Pendidikan Profesi Guru ini tidak hanya menyasar kepada tenaga pengajar saja. Tetapi dalam skala besarnya, hampir semua lapisan masyakat akan merasakan dampak positif dari program ini.

Berikut ini adalah beberapa link Kumpulan Soal Pretest PPG dan Uji Pengtetahuan PPG yang bisa sahabat edukasi telusuri sesuai kebutuhan:

Demikian postingan saya kali ini tentang Kumpulan Soal Pretest PPG dan UP PPG Dalam Jabatan Tahun 2022Jika sahabat edukasi menginginkan update terbaru dari blog ini silahkan like Fanspage Perangkat Pembelajaran K13.

Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan share atau bagikan ke rekan guru atau komunitas lain yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tersedia di bawah informasi ini.

Semoga informasi di atas dapat membantu dan berguna, terimakasih.


0 Response to "Kumpulan Soal Pretest PPG dan UP PPG Dalam Jabatan Tahun 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel